Minggu, 13 Desember 2015

TUGAS SOFTSKILL PBI KE-3 “ANALISA SWOT PADA DIRI SENDIRI & ANALISA SWOT PADA WEBSITE”

NAMA            : MOHAMMAD FAJAR ARISTYA
NPM               : 54412314
Kelas               : 4IA23
Dosen              : Dr. RINA NOVIANA, SKom,. MMSI
Mata Kuliah  : PENGANTAR BISNIS INFORMATIKA

Analisa SWOT

SWOT adalah singkatan dari Strength, Weakness, Opportunities, dan Threats. Seperti namanya, Analisis SWOT merupakan suatu teknik perencanaan strategi yang bermanfaat untuk mengevaluasi Kekuatan (Strength) dan Kelemahan (Weakness), Peluang (Opportunities)  dan Ancaman (Threats) dalam suatu proyek, baik proyek yang sedang berlangsung maupun dalam perencanann proyek baru. Analisis SWOT bukan hanya dapat digunakan dalam bisnis, tetapi juga dapat digunakan pada pribadi kita sendiri dalam pengembangan karir.

Analisis SWOT pertama kali diperkenalkan oleh Albert S Humphrey pada tahun 1960-an dalam memimpin proyek riset di Stanford Research Institute yang menggunakan data dari perusahaan-perusahaan Fortune 500.

Komponen Dasar Analisis SWOT

Analisis SWOT terdiri dari 4 komponen dasar yaitu :
Strength (Kekuatan) atau disingkat dengan “S”, yaitu karakteristik organisasi ataupun proyek yang memberikan kelebihan / keuntungan dibandingkan dengan yang lainnya.

Weakness (Kelemahan) atau disingkat dengan “W”, yaitu karakteristik yang berkaitan dengan kelemahan pada organisasi ataupun proyek dibandingkan dengan yang lainnya.

Opportunities (Peluang) atau disingkat dengan “O”, yaitu Peluang yang dapat dimanfaatkan bagi organisasi ataupun proyek untuk dapat berkembang di kemudian hari.

Threats (Ancaman) atau disingkat dengan “T”, yaitu Ancaman yang akan dihadapi oleh organisasi ataupun proyek yang dapat menghambat  perkembangannya.

Dari keempat komponen dasar tersebut, Strength (kekuatan) dan Weakness (Kelemahan) adalah faktor internal organisasi/proyek itu sendiri, sedangkan Oppoturnities (Peluang) dan Threats (Ancaman) merupakan faktor eksternal yang mempengaruhi perkembangan organisasi ataupun proyek. Oleh karena itu, Analisis SWOT juga sering disebut dengan Analisis Internal-Eksternal (Internal-External Analisis) dan Matriks SWOT juga sering dikenal dengan Matrix IE (IE Matrix).

Faktor-faktor yang mempengaruhi keempat komponen dasar Analisis SWOT diantaranya adalah :

Faktor Internal (Strength dan Weakness)
§  Sumber daya yang dimiliki
§  Keuangan atau Finansial
§  Kelebihan atau kelemahan internal organisasi
§  Pengalaman-pengalaman organisasi sebelumnya (baik yang berhasil maupun yang gagal)

Faktor Eksternal (Opportunities dan Threats)
§  Tren
§  Budaya, Sosial Politik, Ideologi, perekonomian
§  Sumber-sumber permodalan
§  Peraturan Pemerintah
§  Perkembangan Teknologi
§  Peristiwa-peristiwa yang terjadi
§  Lingkungan

Analisa SWOT Pada Diri Sendiri



Selasa, 17 November 2015

TUGAS SOFTSKILL PBI KE-2 “ANALISA WEBSITE”

NAMA            : MOHAMMAD FAJAR ARISTYA
NPM               : 54412314
Kelas               : 4IA23
Dosen              : Dr. RINA NOVIANA, SKom,. MMSI
Mata Kuliah    : PENGANTAR BISNIS INFORMATIKA


WEBSITE “ DIREKTORAT JENDERAL BEA DAN CUKAI ”


CUSTOMS (Instansi Kepabeanan) di mana pun di dunia ini adalah suatu organisasi yang keberadaannya amat essensial bagi suatu negara, demikian pula dengan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (Instansi Kepabeanan Indonesia) adalah suatu instansi yang memiliki peran yang cukup penting dari negara dalam melakukan tugas dan fungsinya.

Seperti diketahui bahwa perkembangan perdagangan internasional, baik yang menyangkut kegiatan di bidang impor maupun ekspor akhir-akhir ini mengalami kemajuan yang sangat pesat. Pesatnya kemajuan di bidang tersebut ternyata menuntut diadakannya suatu sistem dan prosedur kepabeanan yang lebih efektif dan efisien serta mampu meningkatkan kelancaran arus barang dan dokumen. Dengan kata lain, masalah birokrasi di bidang kepabeanan yang berbelit-belit merupakan permasalahan yang nantinya akan semakin tidak populer.

Adanya kondisi tersebut, tentunya tidak terlepas dari pentingnya pemerintah untuk terus melakukan berbagai kebijaksanaan di bidang ekonomi terutama dalam meningkatkan pertumbuhan perekonomian nasional. Apalagi dengan adanya berbagai prakarsa bilateral, regional, dan multilateral di bidang perdagangan yang semakin diwarnai oleh arus liberalisasi dan globalisasi perdagangan dan investasi, sudah barang tentu permasalahan yang timbul di bidang perdagangan akan semakin kompleks pula.

Perubahan-perubahan pada pola perdagangan internasional yang menggejala dewasa ini pada akhirnya akan memberikan peluang yang lebih besar bagi negara maju untuk memenangkan persaingan pasar. Disamping itu, pola perdagangan juga akan berubah pada konteks Borderless World, atau paling tidak pada nuansa liberalisasi perdagangan dan investasi dimana barriers atas perdagangan menjadi semakin tabu.

VISI DAN MISI
VISI

  • - Menjadi Institusi Kepabeanan dan Cukai Terkemuka di Dunia.

Visi DJBC mencerminkan cita-cita tertinggi DJBC dengan lebih baik melalui penetapan target yang menantang dan secara terus-menerus terpelihara di masa depan.

MISI
  • - Kami memfasilitasi perdagangan dan industri;
  • - Kami menjaga perbatasan dan melindungi masyarakat Indonesia;
  • - Kami optimalkan penerimaan negara di sektor kepabeanan dan cukai.
Misi ini merupakan langkah spesifik yang harus dikerjakan DJBC demi tercapainya visi DJBC. peran serta secara keseluruhan terkait dengan besaran perdagangan, keamanan dan penerimaan merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan.

TUGAS DAN FUNGSI
TUGAS

  • - Melindungi masyarakat dari masuknya barang-barang berbahaya;
  • - Melindungi industri tertentu di dalam negeri dari persaingan yang tidak sehat dengan industri sejenis dari luar negeri;
  • - Memberantas penyelundupan;
  • - Melaksanakan tugas titipan dari instansi-instansi lain yang berkepentingan dengan lalu lintas barang yang melampaui batas-batas negara;
  • - Memungut bea masuk dan pajak dalam rangka impor secara maksimal untuk kepentingan penerimaan keuangan negara.

FUNGSI


  • - Meningkatkan pertumbuhan industri dalam negeri melalui pemberian fasilitas di bidang kepabeanan dan cukai yang tepat sasaran;
  • - Mewujudkan iklim usaha dan investasi yang kondusif dengan memperlancar logistik impor dan ekspor melalui penyederhanaan prosedur kepabeanan dan cukai serta penerapan sistem manajemen risiko yang handal;
  • - Melindungi masyarakat, industri dalam negeri, dan kepentingan nasional melalui pengawasan dan/atau pencegahan masuknya barang impor dan keluarnya barang ekspor yang berdampak negatif dan berbahaya yang dilarang dan/atau dibatasi oleh regulasi;
  • - Melakukan pengawasan kegiatan impor, ekspor dan kegiatan di bidang kepabeanan dan cukai lainnya secara efektif dan efisien melalui penerapan sistem manajemen risiko yang handal, intelijen, dan penyidikan yang kuat, serta penindakan yang tegas dan audit kepabeanan dan cukai yang tepat;
  • - Membatasi, mengawasi, dan/atau mengendalikan produksi, peredaran dan konsumsi barang tertentu yang mempunyai sifat dan karakteristik dapat membahayakan kesehatan, lingkungan, ketertiban, dan keamanan masyarakat melalui instrumen cukai yang memperhatikan aspek keadilan dan keseimbangan;
  • - Mengoptimalkan penerimaan negara dalam bentuk bea masuk, bea keluar, dan cukai guna menunjang pembangunan nasional.

PELAYANAN DAN FASILITAS PENDUKUNG
PELAYANAN

  • - Kegiatan memasukan barang ke dalam Daerah Pabean (IMPOR)
  • - Authorized Economic Operatora (AEO)
  • - Kiriman dan Paket 
  • - Cukai
  • - Ekspor adalah kegitan mengeluarkan barang keluar Daerah Pabean (EKSPOR)

FASILITAS PENDUKUNG

  • - Fasilitas Pembebasan Bea Masuk
  • - Fasilitas Pertambangan
  • - Fasilitas Kawasan Berikat
  • - Fasilitas Kemudahan Impor Tujuan Ekspor (KITE)



Selasa, 20 Oktober 2015

TUGAS SOFTSKILL PBI KE-1 “BADAN USAHA”

NAMA                  : MOHAMMAD FAJAR ARISTYA
NPM                     : 54412314
KELAS                 : 4IA23
MATA KULIAH : PENGANTAR BISNIS INFORMATIKA
DOSEN                 : Dr. RINA NOVIANA, Skom,. MMSI

            Pada tugas pertama mata kuliah Pengantar Bisnis Informatika ini kita diharapkan untuk mengenali atau tahu perbedaan dari jenis-jenis badan usaha yang terdiri dari beberapa jenis seperti PT, CV, Firma, dan lain-lain.

PERSEROAN TERBATAS (PT)
Perseroan terbatas (PT) adalah organisasi bisnis yang memiliki badan hukum resmi yang dimiliki oleh minimal dua orang dengan tanggung jawab yang hanya berlaku pada perusahaan tanpa melibatkan harta pribadi atau perseorangan yang ada di dalamnya. Di dalam PT pemilik modal tidak harus memimpin perusahaan, karena dapat menunjuk orang lain di luar pemilik modal untuk menjadi pimpinan.

Syarat Umum Pendirian Perseroan Terbatas (PT) adalah :
1.Copy KTP para pemegang saham dan pengurus, minimal 2 orang.
2.Copy KK penanggung jawab / Direktur.
3.Nomor NPWP Penanggung jawab.
4.Pas photo penanggung jawab ukuran 3X4 = 2 lbr berwarna.
5.Copy PBB tahun terakhir sesuai domisili perusahaan.
6.Copy Surat Kontrak/Sewa Kantor atau bukti kepemilikan tempat usaha.
7.Surat Keterangan Domisili dari pengelola Gedung jika berdomisili di Gedung Perkantoran.
8.Surat Keterangan RT / RW (jika dibutuhkan, untuk perusahaan yang berdomisili di lingkungan perumahan) khusus luar jakarta. 
9.Kantor berada di Wilayah Perkantoran/Plaza, atau Ruko, atau tidak berada di wilayah pemukiman.
10.Siap dilakukan survey.

Syarat Pendirian Perseroan Terbatas (PT) Secara Formal Berdasarkan UU No. 40 / 2007 adalah Sebagai Berikut :
1.Pendiri minimal 2 orang atau lebih (ps. 7(1)).
2.Akta Notaris yang berbahasa Indonesia.
3.Setiap pendiri harus mengambil bagian atas saham, kecuali dalam rangka peleburan (ps. 7 ayat 2 & ayat 3).
4.Akta pendirian harus disahkan oleh Menteri kehakiman dan diumumkan dalam BNRI (ps. 7 ayat 4).
5.Modal dasar minimal Rp. 50jt dan modal disetor minimal 25% dari modal dasar (ps. 32, ps 33).
6.Minimal 1 orang direktur dan 1 orang komisaris (ps. 92 ayat 3 & ps. 108 ayat 3)
7.Pemegang saham harus WNI atau Badan Hukum yang didirikan menurut hukum Indonesia, kecuali PT. PMA.

Langkah Utama atau Proses Pendirian Perseroan Terbatas (PT) :
1.Membuat Akte Perusahaan.
Karena perusahaan berbadan hukum maka sangat mutlak perlu membuat akte perusahaan Anda. Biasanya akte ini berisi informasi tentang nama perusahaan, bergerak di bidang apa, nama para pemilik modal, modal dasar, modal disetor, pengurus perusahaan seperti siapa direktur utama, direktur, dan para komisaris.


2.Mendapatkan Surat Keterangan Domisili Usaha.
Ini Anda dapatkan dari kantor kelurahan atau kantor kepala desa di mana perusahaan Anda berdomisili. Berdasarkan surat ini, Camat mengeluarkan surat keterangan yang sama. Untuk mendapatkan surat keterangan domisili, Anda memerlukan salinan akte perusahaan Anda. Selain itu, petugas kelurahan kadang atau sering juga menanya apakah tempat usaha disewa atau milik sendiri. Bila disewa, mereka menanya copy perjanjian sewa menyewa. Bila milik sendiri, mereka meminta copy sertifikat tanah dan IMB. Kadang, ada juga yang minta copy bukti bayar PBB- apakah sudah lunas atau tidak. Biasanya, mengurus sk domisili dipungut biaya administrasi. Biaya administrasi ini bervariasi dari satu kelurahan ke kelurahan lain.


3.Mengurus NPWP Perusahaan.
             Untuk mendirikan perusahaan, NPWP perusahaan adalah mutlak. Untuk mendpatkan NPWP, Anda memerlukan salinan akte perusahaan dan surat keterangan domisili. Ada Kantor Pelayanan Pajak (KPP) di wilayah tertentu meminta copy SK Menteri tentang Pengesahaan Akte Pendirian Perusahaan. Ada juga yang hanya meminta Akte dan SK domisili. Biasanya pembuatan NPWP hanya butuh 1/2 jam. Bila anda memasukkan berkasi dipagi hari ke kantor pajak, pagi itu juga Anda bisa mendapat NPWP.

4.Mendapatkan Surat Keputusan Pengesahan Akte Pendirian Perusahaan dari Departemen Hukum dan HAM.
Untuk mendapatkan ini, diperlukan salinan akte perusahaan dan Surat Keterangan Domisili.

5.Mengurus SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan).
SIUP merupakan bagian dari proses mendirikan PT agar perusahaan Anda bisa beroperasi. Mengurus SIUP relatif sama di berbagai tempat.

      6.Mengurus Tanda Daftar Perusahaan (TDP).
TDP merupakan bagian dari proses pendirian perusahaan. Biasanya ini diurus setelah Anda mendapatkan SIUP. Pada pemda tertentu, Anda dapat mengurus SIUP dn TDP sekaligus. Persyaratannya relatif sama untuk berbagai daerah.

Itulah langkah-langkah utama untuk mendirikan perusahaan di republik ini secara umum.

Contoh Perseroan Terbatas (PT)

Berikut ini contoh dari badan usaha Perseroan Terbatas (PT). PT. BOSS VENTURE yang bergerak di bidang investasi saham. Berikut ini Profil singkat dan N.P.W.P dari PT. BOSS VENTURE :
Nama Perusahaan        : PT. BOSS VENTURE
N.P.W.P                       : 03.272.042.7-063.000
Alamat                         : Jl. HR. RASUNA SAID BLOK x-2 KAV. 6 KUNINGAN TIMUR
Kota/Kab                     : DKI JAKARTA
Kode Pos                     : 12950



Sumber :
http://lelyumiasih.blogspot.co.id/2014/11/syarat-syarat-membuat-pt-cv-koperasi.html

Sabtu, 25 April 2015

MENCARI KELEBIHAN DAN KEKURANGAN DARI JURNAL TENTANG GAME

Tulisan ini saya buat untuk memenuhi tugas dari matakuliah Softskill. Disini saya akan membahas kelebihan dan kekurangan dari sebuah jurnal.

Jurnal 1 : 

Ø  Kelebihan Jurnal
Dalam jurnal ini terdapat beberapa kelebihan yaitu sebagai berikut :
- Melalui game ini dapat meningkatkan motivasi siswa dan siswi dalam memahami materi pelajaran TIK secara teori, sehingga tidak membuat siswa tidak menjadi jenuh dengan pelajaran yang lebih banyak mengemukakan teori.
- Pada game edukasi ini menggunakan black box untuk mengetahui media yang digunakan telah berjalan dengan baik serta tidak ada kesalahan dalam struktur atau database eksternal dan kelayakan pada game ini dapat dilihat jika pengguna atau siswa yang memiliki tingkat kelayakan sebesar sebesar 3,52.

Ø  Kekurangan Jurnal
Dalam jurnal ini terdapat beberapa kekurangan yaitu sebagai berikut :
- Pada game ini masih perlu pengembangan, salah satunya yaitu penyediaan sebuah pertanyaan akan lebih baik jika berbentuk soal essay.
- Perlu adanya tambahan timer agar pada saat pengerjaan ada batasan waktu sehingga dapat melatih kemampuan siswa dalam menyelesaikan sebuah soal.

Jurnal 2 :

Ø  Kelebihan Jurnal
Dalam jurnalini terdapat beberapa kelebihan, yaitu :
- Pada game ini menggunakan perangkat lunak yang dikombinasikan di Macromedia, selain itu game ini dijalankan pada desktop dengan Sistem Operasi Windows XP.
- Game ini juga sangat membantu anak-anak dalam proses belajar dan melatih anak-anak dalam proses belajar.
- Melalui game ini juga mampu meningkatkan daya ingat seorang anak-anak tentang apa yang mereka lihat, mereka dengar dan mereka alami.

Ø  Kekurangan Jurnal
- Kekurangan dari jurnal ini, masih perlu adanya pengembangan dalam struktur tampilan serta isi dari game tersebut. Karena dalam game ini masih lebih dominan berisi soal-soal yang masih dalam tingkatan sederhana, akan lebih baik jika terdapat pilihan sehingga membuat pengguna menjadi lebih menarik dalam mengerjakan soal.

SEJARAH PERKEMBANGAN TEKNOLOGI GAME

Sebelum kita membahas tentang sejarah perkembangan dari game, kita akan sedikit membahas pengertian dari game. Permainan video game adalah permainan yang menggunakan interaksi dengan antarmuka pengguna melalui gambar yang dihasilkan oleh piranti video. Permainan video umumnya menyediakan sistem penghargaan, misalkan skor yang dihitung berdasarkan tingkat keberhasilan yang dicapai dalam menyelesaikan tugas-tugas yang ada di dalam permainan.

Berikut ini akan dijelaskan sejarah perkembangan dari teknologi game :

Ø  Generasi Pertama
Generasi pertama konsol permainan video berlangsung dari tahun 1972, dengan rilis dari Magnavox Odyssey hingga 1977, ketika pong style produsen konsol meninggalkan pasar secara massal karena pengenalan dan keberhasilan mikroprosesor berbasis konsol.


Pada tahun 1975 : Magnavox berhenti memproduksi Odyssey mengikuti jejak Atari memproduksi mesin ding dong bernama Odyssey 100, khusus menyajikan game pong.


Ø  Generasi Kedua
Pada tahun 1976 : Fairchild membuat VES (Video Entertainment System) atau konsol yang menggunakan kaset magnetik atau cartridge.


Pada tahun 1977 : Fairchild bangkrut karena dunia konsol menjadi tidak popular. Atari dan Magnavox masih bertahan di dunia video game.

Pada tahun 1978 : Magnavox meluncurkan Odyssey 2 namun tak bertahan lama. Tak lama kemudian Atari meluncurkan konsol Atari 2600 dengan game bernama Space Invaders.


Pada tahun 1980 : Produsen konsol mulai bermunculan dengan mengadopsi konsep Atari 2600, dunia game mulai berkembang.

Pada tahun 1983 : Dunia video game mengalami kemunduran lagi karena game-game konsol dinilai kurang kreatif, mengingat perkembangan PC semakin canggih sehingga masyarakat lebih memilih untuk membeli PC.

Ø  Generasi Ketiga
Pada tahun 1983 : Di akhir tahun 1983, Perusahaan Jepang bernama Famicom membuat kejutan dengan meluncurkan konsol bernama Famicom atau NES (Nintendo Entertainment System) dengan game populernya bernama Super Mario Brothers.


Ø  Generasi Keempat
Pada tahun 1988 : Muncul pesaing NES, dialah Sega dengan kualitas gambar yang lebih tajam serta animasi yang lebih halus. Sega cukup memberi tekanan pada NES tetapi NES tetap bertahan dengan angka penjualan tinggi.


Pada tahun 1990  : NES memberi kejutan kembali dengan meluncurkan konsol generasi terbarunya, yaitu Super Nintendo Entertainment System (SNES). Sega dengan ikon Sonic The Hedgehog nya serta Nintendo dengan ikon Mario Brothers nya tetap populer, mereka menjadi rival selama 4 tahun padahal ada saja pendatang baru yang ingin menyaingi pasar mereka.

Ø  Generasi Kelima
Pada tahun 1993 : Perusahaan Panasonic merilis konsol bernama Panasonic 3DO yang merupakan konsol pertama yang menggunakan CD sebagai pengganti cartridge. Karena harganya sangat mahal, konsol ini menjadi tidak populer sehingga produksi Panasonic 3DO pun dihentikan.


Pada tahun 1994 : Atari kembali meluncurkan konsol barunya bernama Atari Jaguar untuk menyaingi Nintendo dan Sega, namun karena pengunaannnya yang sulit dan  ada pendatang baru yaitu perusahaan Sony dengan konsol legendarisnya yang bernama  PlayStation, membuat Atari melakukan merger. PlayStation (PS1) merupakan konsol berbasis CD pertama buatan jepang yang menuai sukses dan terlaris sepanjang masa. Merasa tersaingi, Nintendo pun meluncurkan Nintendo 64 dan Sega meluncurkan Sega Saturn.


Ø  Generasi Keenam
Pada tahun 1998 : Sega mengundurkan diri dari dunia produksi konsol karena kalah bersaing dari Sony PlayStation. Playstation menjadi raja konsol.


Pada tahun 2000 : Sony semakin bersemangat dengan meluncurkan PlayStation 2 dan sudah berbasis DVD. Nintendo berusaha untuk bertahan dengan meluncurkan konsol barunya yaitu GameCube. GameCube kurang popular karena ukuran CD nya yang menyimpang, yaitu 8cm. Padahal ukuran CD biasa sekitar 12cm. Pesaing serius muncul bernama XBOX yang merupakan konsol buatan Microsoft. Jika diurut dari kiri ke kanan, maka konsol terbaik berdasarkan tingkat popularitasnya adalah: Nintendo GameCube, Microsoft Xbox, Sony PlayStation2.


Ø  Generasi Ketujuh
Pada tahun 2005 : Sony masih melakukan riset untuk konsol PlayStation 3 yang menggunakan Blu-Ray, namun Microsoft mengambil inisiatif lebih cepat dalam project peluncuran Xbox 360 yang memanfaatkan media HD-DVD.

Pada tahun 2006 : Xbox 360 hadir di dunia dengan fitur yang sangat bagus, baik dari segi grafis, judul-judul game yang terkenal. Pada bulan November, Sony meluncurkan PlayStation 3 seminggu sebelum Nintendo meluncurkan Nintendo Wii. Namun karena Nintendo Wii memberikan sedikit inovasi dengan stik control mereka yang ‘motion sensitive’ serta harga Nintendo Wii dan Xbox 360 relatif lebih murah ketimbang PlayStation 3, alhasil penjualan PlayStation 3 menjadi yang terendah. Xbox 360, Nintendo Wii dan PlayStation 3 masih bersaing sejauh ini.



Ø  Generasi Game Handheld
Pada tahun 1976 sampai dengan tahun 1979 ini adalah tahun bermulanya game saku, seperti buatan Mattel juga Milton Bradley namun tidak begitu popular. Kemudian pada tahun 1980 sampai pada tahun 1984, kemunculan Game Boy buatan Nintendo, Jepang. Meskipun warnanya masih hitam-putih, namun penjualannya cukup sukses.


Ø  Generasi Game Online & Mobile
Pada tahun 2012 ini adalah generasi game yang paling spektakuler karena banyak perusahaan yang mengembangkan game berbasis mobile seperti game versi web, game versi flash, game versi android, kemudian dengan dukungan dari teknologi web, maka muncul game versi HTML5 yang marak dikembangkan.


Sumber
 :